Handyman Smart Home Indonesia

View Original

Siaga Hadapi Banjir Dengan Handyman Flood Sensor

Musim hujan sudah mulai tiba di Indonesia. Musim hujan diperkirakan akan tiba mulai November. BMKG Juanda menyatakan, saat ini Kota Surabaya masih berada di akhir masa kemarau dan akan memasuki masa peralihan. Solusi penanganan banjir yang akan terjadi pun sudah waktunya menjadi fokus bersama.

”Kita bisa melihat awan cumulus yang cukup tinggi, meski belum terjadi musim hujan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto.

Selain itu, Teguh menjelaskan, untuk peningkatan intensitas diperkirakan muncul pada rentang akhir 2021 dan awal 2022. Sebab, kemarin sesuai BMKG pusat, akan mengalami anomali La Nina yang bisa menambah curah hujan atau potensi curah hujan di Indonesia.

Meskipun sering kali sudah disebut bebas banjir, namun genangan-genangan air yang cukup tinggi masih sering terjadi di Kota Surabaya ketika musim hujan terjadi. Genangan air, meskipun terjadi dalam waktu singkat, bisa berbahaya apabila sampai masuk ke rumah. Terlebih lagi, jika itu semua terjadi ketika sedang tidak ada orang di rumah.

Banjir masih sering terjadi di Surabaya (photo credit: okezone)

Handyman Smart Home System Punya Solusi Hadapi Banjir

Dengan menggunakan perangkat Handyman Flood Sensor, notifikasi secara real time bisa didapatkan ketika terjadi genangan atau banjir di sekitar sensor terpasang. Tidak ada jeda waktu dari peringatan yang muncul menjadikan tindakan segera bisa diambil dan melindungi barang-barang yang ada di rumah secara maksimal.

Perangkat tersebut bisa dipasang bersama paket-paket instalasi Handyman Smart Home lainnya. Seperti misalnya diintegrasikan dengan Handyman Smart Alarm dan Handyman Smart Light Switch yang akan mengedipkan lampu saat terjadi genangan untuk memberikan peringatan secara visual. Dengan ekosistem lengkap yang dimiliki, hidup yang lebih aman dan nyaman serta produktif bukan lagi impian belaka.

Bukan hanya bisa digunakan untuk rumah, Handyman Flood Sensor juga bisa digunakan oleh developer perumahan ataupun bahkan pemerintah kota. Pilot project untuk hal ini pun sudah bisa dilihat di Citraland dan Pakuwon City Surabaya. Di dua proyek yang sudah menggunakan instalasi Handyman Flood Sensor itu, pihak developer akan langsung mendapatkan notifikasi ketika muncul genangan air atau banjir di area jalan di wilayah itu saat hujan tiba. Dengan demikian, proses penyedotan dengan pompa-pompa bisa langsung dilakukan sehingga masalah genangan bisa diatasi dengan cepat. 


Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Handyman Smart Home System di sini.