Tekan Kerugian Akibat Kebakaran Dengan Handyman Smart Smoke Alarm


Sebuah rumah mewah di Jakarta terbakar habis. Dari kejadian ini, kerugian yang ditimbulkan mencapai 1,5 miliar Rupiah.

Kebakaran rumah mewah di Jakarta (photo credit: kompas)

Rabu (12/10/2022) sebuah rumah mewah senilai miliaran rupiah di Cakung-Jakarta terbakar habis. Petugas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Gatot Sulaeman, mengungkapkan jika kebakaran terjadi akibat korsleting arus pendek listrik. 

“Kebakaran terjadi pada pukul 15:41 WIB, pemadaman dilakukan dengan menggunakan 16 mobil pemadam kebakaran dan 80 orang personel. Kerugian yang ada akibat kejadian ini ditaksir melebihi 1,5 milliar Rupiah,” kata Gatot dikutip dari Kompas.

Untungnya, kebakaran yang terjadi di jam kerja itu tidak mengakibatkan korban jiwa. Itu karena seluruh penghuni rumah saat itu masih belum ada yang pulang ke rumah karena bekerja.

Cegah Dengan Instalasi Smart Home

Tentunya, tidak ada seorang pun yang ingin rumahnya ludes dilalap si jago merah. Masalahnya adalah bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja. Termasuk ketika tidak ada orang di rumah karena sedang sibuk bekerja.

Tapi tidak perlu lagi khawatir, perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat saat ini memungkinkan adanya tindakan preventif yang dilakukan untuk mencegah kebakaran di rumah. Handyman Smart Home System memiliki set perangkat Smart Security System yang bisa diinstalasi dengan mudah dan cepat di rumah.

Melalui instalasi Smart Smoke Alarm yang terintegrasi dengan Smart Security System milik Handyman, notifikasi ketika asap muncul bisa didapatkan secara real time ke smartphone yang dimiliki. Dengan begitu, pemilik rumah bisa langsung menghubungi kontak darurat atau nomor pemadam kebakaran agar potensi kerugian akibat kebakaran bisa berkurang secara signifikan. 


Smart Security System yang ada juga bisa dilengkapi dengan Handyman Smart Security Alarm. Bunyi nyaring alarm ini bisa menarik perhatian petugas keamanan atau tetangga agar bisa memberikan langkah cepat penanganan kebakaran. Ini berfungsi sebagai jaring pengaman ketika kebakaran terjadi saat pemilik rumah sedang tidak bisa mengakses smartphone miliknya.

Handyman Smart Security System juga termasuk dengan Smart Gas Detector. Ini berarti, potensi penanganan kebocoran gas juga bisa dilakukan secara real time tanpa perlu menunggu dampak fatal terjadi. 


Cari tahu tentang set-set produk Handyman Smart Home System lainnya di sini.