Tips Memilih CCTV Berkualitas

Memilih kamera CCTV seringkali menjadi hal yang membingungkan. Begitu banyak merek dan fitur beredar di pasaran. Kamera CCTV di pasaran sangat beragam mulai dari harga kamera cctv termurah dengan fitur standard hingga harga yang mahal dengan fitur yang lengkap.

Kamera CCTV sendiri memiliki fungsi untuk melindungi bisnis atau properti dari pencurian, penyusupan, kebakaran, banjir atau bahkan perampokan. Kamera CCTV yang terpasang dengan baik tentunya juga dapat merekam tindakan kejahatan. Rekaman ini nantinya bisa dijadikan barang bukti di kepolisian.

Melihat fungsi CCTV tentunya pemilik properti harus memperhatikan dengan seksama beberapa hal sebelum memutuskan membeli sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membeli kamera CCTV:

 

  • Masalah apa yang ingin diselesaikan? Apa yang diharapkan dapat dilihat di kamera?

    Sebelum memutuskan membeli kamera CCTV pertanyaan yang paling mendasar yang harus diajukan yaitu masalah apa yang ingin diselesaikan bila memiliki kamera CCTV? Umumnya tindakan kejahatan seperti pencurian merupakan masalah umum yang ingin diselesaikan. 

    Contoh lainnya adalah jika menginginkan bisa membaca plat nomor mobil bagi seluruh kendaraan yang keluar masuk sekitar properti. 

    Kamera CCTV juga dapat digunakan untuk mengawasi karyawan di perusahaan. Jika memang tujuannya demikian dibutuhkan kamera CCTV yang memberikan jangkauan pandang lebih luas.

    Jika membutuhkan pemantauan pada malam hari sebaiknya memilih kamera yang sudah mendukung night vision. Kamera ini dirancang untuk merekam gambar dalam keadaan gelap atau intensitas cahaya yang sedikit.

    Jika membutuhkan kamera yang dapat memantau pergerakan, kamera pan tilt zoom cocok untuk dimiliki. Setiap kamera memiliki fungsinya masing-masing, jadi lebih baik menentukan lebih dahulu hasil apa yang ingin didapatkan.

  • Berapa banyak kamera yang dibutuhkan? Apakah ada rencana untuk melakukan ekspansi?

    Jumlah kamera yang dibutuhkan bergantung kepada seberapa luas area yang ingin dipantau. Semakin besar area yang dipantau semakin banyak pula jumlah kamera yang dibutuhkan.

  • Berapakah kapasitas penyimpanan rekaman yang dibutuhkan?

    Kapasitas penyimpanan rekaman CCTV yang berbeda-beda. Misalnya saja bila terjadi insiden, beberapa pihak mengecek hasil rekaman selama seminggu terakhir. Tetapi, ada pula pihak lain yang membutuhkan rekaman cctv selama beberapa minggu atau bulan untuk menganalisa kejadian.

    Semakin lama video tersimpan tentunya ini akan berdampak pada media penyimpanan rekaman video. Semakin lama video disimpan, semakin membutuhkan penyimpanan yang besar dan akan memakan biaya yang tidak sedikit.

  • Berapakah budget yang dimiliki?

    Sebaiknya sebelum memilih untuk memasang CCTV riset terlebih dahulu mengenai harga kamera CCTV dari berbagai brand. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan, memasang kabel, troubleshooting, dan lain-lain. Jadi sebaiknya mencari tenaga ahli profesional untuk memasang kamera CCTV dan membuat anggaran perkiraan untuk memasangnya.

 

CCTV Saja Tetap Tidak Cukup

Dari penjelasan panjang lebar di atas tetap ada yang perlu diingat. CCTV saja tidak akan mampu memberikan tindakan preventif ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Keberadaan CCTV perlu untuk diintegrasikan dengan teknologi-teknologi lain untuk lebih meningkatkan keamanan yang ada.

Integrasi itu harus dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet of Things atau IoT. Melalui teknologi itu, CCTV bisa diintegrasikan menjadi sebuah kesatuan smart home system yang lengkap dan menjamin keamanan properti.

Inovasi itu sendiri telah dimiliki oleh Handyman Smart Home. Set sistem smart security yang dimiliki oleh Handyman Smart Home menjadikan CCTV yang dimiliki bisa dikontrol dan dimonitor kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. Ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, notifikasi akan langsung dikirim pula ke smartphone pemilik. Dengan demikian, langkah preventif bisa langsung diambil.

Maksimalkan Keamanan Rumah 

Pemasangan integrasi perangkat-perangkat IoT menjadi sistem smart home di rumah tentunya bisa menambah keamanan properti untuk meningkatkan produktivitas. Tentunya, hal itu harus dilakukan dengan memilih penyedia layanan smart home sistem yang terpercaya memiliki kualitas premium dan after-service yang memuaskan.

Inovasi itu juga telah dimiliki oleh Handyman Smart Home. Dengan set perangkat-perangkat teknologi yang dimiliki, kenyamanan hingga keamanan akan berada di level yang belum pernah ada sebelumnya.

Perangkat-perangkat elektronik seperti AC, TV, pintu, hingga pagar bisa dikontrol dan monitor melalui smartphone atau dengan perintah suara. Tentunya, hal itu bisa memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan baru.


Selain hal-hal itu, masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan sistem Smart Home dari Handyman Smart Home. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai set produk Handyman Smart Home System di sini.