Smart Home Ala Rumah Tumbuh? Bisa!


Konsep rumah tumbuh saat ini sedang populer. Apalagi setelah konsep itu ternyata turut diterapkan oleh Gubernur DKI Jakarta 2018-2023, Anies Baswedan. Konsep rumah tumbuh memang dirancang untuk memiliki rumah impian dengan cara yang bertahap, sesuai dengan kemampuan dan tidak memaksakan secara sekaligus.

 

“Kamar Tumbuh” ala Anies Baswedan (Instagram @biasalahanakmuda)

 

Rumah tumbuh adalah sebuah konsep membangun rumah yang didasarkan pada kemampuan dari pemilik rumah dan dilakukan secara bertahap. Sebagai contoh, ketika memiliki sebuah tanah dengan luas 150m2. Namun, anggaran atau budget yang dimiliki hanya cukup untuk membangun seluas 80m2.

Dengan menerapkan konsep ini, 80m2 masih bisa dimaksimalkan dengan melakukan pembangunan terlebih dahulu. Sambil menabung dan mengumpulkan budget tambahan, barulah bisa mengembangkan rumah tersebut dan menambah ruangan lain hingga 150m2 bisa terpenuhi tanpa harus membongkar ulang 80m2 yang sudah ada sebelumnya.

 
contoh denah rumah tumbuh

Contoh denah rumah tumbuh (archdaily)

 

Tidak hanya itu saja, sebuah konsep rumah tumbuh juga dapat berarti sedang menyiapkan rumah secara bertahap sesuai dengan jumlah keluarga yang ada. Untuk pasangan yang baru berkeluarga dan masih belum memiliki anak, maka sebuah rumah yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar dan dapat membangunnya dari rumah yang berukuran kecil terlebih dahulu dan kembali melanjutkan konstruksi apabila sudah memiliki anak dan beranjak dewasa.



Maksimalkan Rumah Tumbuh Dengan Teknologi

Dengan perkembangan teknologi yang ada, khususnya perangkat Internet of Things (IoT), rumah tumbuh yang dibangun juga harus disinergikan dengan hal itu. Pemasangan integrasi perangkat-perangkat IoT menjadi sistem smart home di rumah tentunya juga bisa menambah kenyamanan rumah untuk meningkatkan produktivitas. Bagaimana dengan konsep rumah tumbuhnya? Bisakah perangkat smart home dipasang dengan mengikuti konsep rumah tumbuh?

Tentu saja bisa. Instalasi set perangkat smart home bisa dipasang dengan mengikuti konsep rumah tumbuh yang disiapkan. Mulai set sederhana ketika rumah belum terlalu besar untuk kemudian ditambah lebih lengkap lagi ketika rumah semakin bertumbuh ke depannya.


Tentunya, hal itu harus dilakukan dengan memilih penyedia layanan Smart Home System yang terpercaya memiliki kualitas premium dan after-service yang memuaskan.

Meski ada batasan budget tertentu, Anda tetap bisa mendapatkan Smart Home yang saling terintegrasi dalam satu sistem. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan konsultan Smart Home agar fitur otomatisasi Smart Home bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Selain itu, ketersediaan jasa pasang dan integrasi pun diperlukan agar nantinya Anda tidak perlu repot menghubungkan perangkat baru dengan perangkat yang sudah ada sebelumnya.

Inovasi itu telah dimiliki oleh Handyman Smart Home. Dengan set perangkat-perangkat teknologi yang dimiliki, kenyamanan hingga keamanan akan berada di level yang belum pernah ada sebelumnya. Perangkat-perangkat elektronik seperti AC, TV, pintu, hingga pagar bisa dikontrol dan monitor melalui smartphone atau dengan perintah suara. Hal itu bisa memberikan jaminan kenyamanan baru.

Selain hal-hal itu, masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan sistem Smart Home dari Handyman Smart Home. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai set produk Handyman Smart Home System di sini.

Tecto PVC