Kenali Apa Itu Perangkat IoT

Kata Internet of Things atau IoT selama beberapa tahun terakhir sering sekali terdengar. Khususnya, untuk mereka yang berkecimpung atau bersinggungan dengan ranah teknologi.

Keberadaan IoT di era transformasi digital seperti sekarang, nyatanya begitu diperlukan bisnis di berbagai sektor industri. Bukan hanya sektor teknologi semata saja.

Dengan bantuan teknologi IoT banyak bisnis bisa berevolusi dengan baik. Mereka bisa menciptakan inovasi dan layanan canggih dengan teknologi pintar dan terintegrasi. 

Bentuk komunikasi pintar ini adalah Machine-to-Machine (M2M) ke manusia sebagai penggunanya. Dalam bahasa singkat, IoT menjadi teknologi yang memungkinkan segala hal terkoneksi dengan internet. Misalnya mengontrol perangkat rumah seperti AC, pagar, atau TV kini bisa dilakukan secara remote dari satu perangkat saja. Bahkan bisa juga melalui perintah suara. 

Istilah IoT pertama kali diucapkan oleh ahli teknologi asal Inggris Kevin Ashton. Ia mendeskripsikan teknologi ini sebagai mata dan telinga dari komputer. Tetapi, jauh sebelum istilah IoT dicetuskan Kevin, ahli teknologi lulusan Massachusetts Institute of Technology John Romkey telah menciptakan perangkat pintar IoT pertama di dunia pada 1990. Perangkat IoT tersebut adalah alat pemanggang roti yang dikendalikan lewat komputer milik Romkey. 

Secara teknis, IoT memiliki sejumlah komponen teknologi pendukung yang memungkinkannya bekerja secara maksimal. Komponen-komponen itu diantaranya adalah:

1. Sensor

Sensor berfungsi untuk mengubah perangkat IoT, tepatnya pada segi jaringan, dari sistem pasif berubah menjadi aktif. Perangkat ini juga menjadi terintegrasi dengan lingkungan sekitar. 

2. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu benang merah yang menghidupkan IoT.

Dengan AI, perangkat bisa berkomunikasi secara pintar satu sama lain. Lebih dari itu, Mereka juga akan bisa melakukan kemampuan analisis yang lebih kompleks. Hal itu misalkan koleksi data, mengatur jaringan, bahkan mengembangkan algoritma. Kehadiran AI pada perangkat IoT juga memungkinkan mereka dapat melakukan aktivitas sendiri tanpa harus menerima instruksi dari si pengguna. 

3. Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan juga menjadi komponen pendukung sistem IoT untuk bisa berkomunikasi secara lancar. Konektivitas harus selalu berjalan stabil, namun tidak diperlukan load ukuran besar. 

4. Perangkat Mikro

Kehadiran perangkat mikro atau berukuran kecil dapat meningkatkan ketepatan, skalabilitas, dan fleksibilitas performa IoT.

IoT Di Sistem Smart Home

Seperti yang sudah dituliskan di awal tulisan ini, perkembangan perangkat IoT yang sudah sangat signifikan dan sangat mungkin untuk diintegrasikan menjadi satu untuk menjadi sebuah sistem smart home yang lengkap. Saat ini pun hal seperti itu sudah diaplikasikan oleh banyak pemilik rumah. 

Bukan hanya berhenti di pemilik rumah, beberapa terobosan inovasi teknologi IoT juga sudah dilakukan oleh Handyman Smart Home. Diantaranya dilakukan dengan sinergi bersama developer perumahan untuk mewujudkan smart cluster hingga menggandeng operator rumah sakit untuk menghadirkan layanan smart hospital.

Maksimalkan Kenyamanan-Keamanan Rumah 

Pemasangan integrasi perangkat-perangkat IoT menjadi sistem smart home di rumah tentunya bisa menambah kenyamanan rumah untuk meningkatkan produktivitas. Tentunya, hal itu harus dilakukan dengan memilih penyedia layanan smart home sistem yang terpercaya memiliki kualitas premium dan after-service yang memuaskan.

Inovasi itu telah dimiliki oleh Handyman Smart Home. Dengan set perangkat-perangkat teknologi yang dimiliki, kenyamanan hingga keamanan akan berada di level yang belum pernah ada sebelumnya.

Perangkat-perangkat elektronik seperti AC, TV, pintu, hingga pagar bisa dikontrol dan monitor melalui smartphone atau dengan perintah suara. Tentunya, hal itu bisa memberikan jaminan kenyamanan baru.

Selain hal-hal itu, masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan sistem Smart Home dari Handyman Smart Home. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai set produk Handyman Smart Home System di sini.