Apa Itu Smart City?

Akhir-akhir ini pemerintah Republik Indonesia sering kali mengungkapkan akan membangun banyak kota dengan konsep yang bersistem Smart City. Khususnya, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Apa sih sesungguhnya konsep sistem Smart City itu?

Smart City adalah konsep kota cerdas yang mampu mengelola sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien. Ini berarti, masyarakat dapat merasa aman, nyaman, dan bahagia. Ada beberapa hal penting dalam mengembangkan Smart City, yaitu: manusia, teknologi, proses, dan data.

Dengan konsep Smart City, permasalahan seperti banjir, kemacetan, dan permasalahan kota lainnya yang ada harus mampu direspons dengan baik. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman secara berkelanjutan.

Konsep smart city dapat memengaruhi kualitas hidup manusia pada beberapa aspek. Diantaranya adalah dalam hal keselamatan, waktu, kenyamanan, kesehatan, kualitas lingkungan, hubungan sosial, partisipasi masyarakat, pekerjaan, hingga biaya hidup.

Berikut ini beberapa manfaat konsep Smart City yang perlu diketahui:

  1. Membantu kota menanggulangi masalah keamanan dan meningkatkan keselamatan masyarakat. Teknologi bukan solusi instan untuk memerangi kejahatan, tapi lembaga penegak hukum dapat menggunakan data yang sudah terkumpul untuk melihat pola kejahatan dan mengantisipasi kejadian berulang di masa depan.

  2. Mempercepat mobilitas. Kota yang berhasil memudahkan mobilitas sehari-hari memiliki potensi untuk memangkas waktu perjalanan sebesar 15% hingga 20%. Tetapi, potensi ini tergantung pada kepadatan tiap kota, infrastruktur transit yang tersedia, dan pola perjalanan.

  3. Membantu menjaga kesehatan masyarakat. Aplikasi kesehatan yang memungkinkan pasien melakukan telekonsultasi dengan dokter dapat membantu pasien mencegah dan mengobati penyakit, serta memantau kondisi pasien dari jarak jauh secara online.

  4. Menghadirkan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. Contohnya bisa dilihat dari sensor kualitas udara. Sensor ini tidak langsung mengatasi penyebab polusi, tetapi dapat mengidentifikasi sumber penyebabnya agar tahu tindakan pemulihan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Smart City dan IoT

Keberadaan konsep Smart City sesungguhnya juga tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan teknologi Internet of Things (IoT). Ini karena IoT yang diintegrasikan dengan Artificial Intelligence (AI) adalah tulang punggung dari konsep kota pintar.

AI, IoT dan smart city saling berhubungan satu sama lain dalam menyediakan data, keamanan publik, dan ekosistem lingkungan. Selanjutnya data tersebut digunakan untuk memprediksi suatu masalah, seperti bencana alam dan cuaca ekstrem.

Selain itu, AI dan IoT juga cukup umum digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Hal itu sudah tersedia dalam layanan Smart Home System hasil inovasi yang telah dimiliki oleh Handyman Smart Home.  Dengan set perangkat-perangkat teknologi yang dimiliki, kenyamanan hingga keamanan akan berada di level yang belum pernah ada sebelumnya.

Perangkat-perangkat elektronik seperti AC, TV, pintu, hingga pagar bisa dikontrol dan monitor melalui smartphone atau dengan perintah suara. Tentunya, hal itu bisa memberikan jaminan kenyamanan baru.

Rasakan Kemudahan Smart System

Pemasangan integrasi perangkat-perangkat IoT menjadi Smart City tentunya merupakan hal lanjutan dari sebuah sistem Smart Home di rumah. Untuk bisa terbiasa dengan sebuah ekosistem Smart City, tentunya bisa dimulai dengan menambah kenyamanan rumah untuk meningkatkan produktivitas. Developer properti pun bisa menghadirkan inovasi Smart Home yang terhubung menjadi satu Smart Cluster untuk meningkatkan keamanan daerah pemukiman. Tentunya, hal ini harus dilakukan dengan memilih penyedia layanan smart home sistem yang terpercaya memiliki kualitas premium dan after-service yang memuaskan.

Inovasi itu telah dimiliki oleh Handyman Smart Home. Dengan set perangkat-perangkat teknologi yang dimiliki, kenyamanan hingga keamanan akan berada di level yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain hal-hal itu, masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan sistem Smart Home dari Handyman Smart Home. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai set produk Handyman Smart Home System di sini.