Waspadai Aksi Kriminalitas Meningkat di 2022

 

Tahun 2022 diwarnai dengan berbagai macam hal yang membuat nasib sebagian masyarakat Indonesia tidak menentu. Mulai prediksi resesi yang akan terjadi di 2023, lonjakan inflasi akibat krisis global, konflik antara Ukraina dan Rusia, hingga kenaikan harga BBM yang baru saja terjadi. Kejadian-kejadian itu nyatanya memunculkan kekhawatiran masyarakat berdampak pada peningkatan angka kriminalitas.

Kekhawatiran masyarakat itu tercermin melalui survey yang dilakukan oleh Lembaga Litbang Kompas. Dari penelitian yang dilakukan, mayoritas publik khawatir jika prediksi resesi hingga kenaikan harga BBM akan berdampak pada melonjaknya angka kriminalitas. Aksi kriminalitas yang dikhawatirkan oleh masyarakat jenisnya beragam. Mulai dari pencurian kendaraan bermotor, perampokan, pembobolan rumah, hingga pencurian di toko-toko milik responden survey.

Untuk diketahui, survey dilakukan dengan melibatkan 504 responden dari 34 provinsi di Indonesia dengan metode wawancara. Sampel ditentukan secara acak dari panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi. Dengan metodologi  itu, hasil penelitian yang dilakukan memiliki tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dengan margin of error kurang lebih 4.37 persen.


Smart Home System Bisa Menjadi Solusi

Meski bukan solusi untuk menekan angka kriminalitas, memasang instalasi smart home system di properti bisa cukup mengurangi kekhawatiran terkait aksi kriminal. Dengan smart home system yang terpercaya, anda bisa memiliki sistem keamanan terintegrasi dengan baik. Hal itu menjadikan seluruh sistem keamanan yang terpasang di rumah bisa dimonitor secara real time. Dengan demikian, tindakan preventif bisa segera diambil saat itu juga dan menghindari hal-hal yang diinginkan terjadi.

Serahkan ke Handyman Smart Home 

Handyman Smart Home juga telah menciptakan suatu ekosistem smart home yang sangat user friendly. Dengan menggunakan Handyman Smart Home, semua peralatan elektronik anda menjadi terhubung dan bisa berkomunikasi satu sama lain dengan satu aplikasi saja. AC, TV, home theater, sensor keamanan, dan CCTV dapat dikontrol dan pantau melalui smartphone secara real time dimanapun berada. Semua itu bisa pula diotomatisasi atau dengan menggunakan perintah suara sesuai keinginan. 

Ingin menjadi bagian dunia masa depan bersama Handyman Smart Home? Cari tahu lebih lanjut dengan klik di sini.